Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Mau Wisata Alam Terbaik Desa Cikeris? Kampung Iklim Jawabannya!

Desa Cikeris - Kampung iklim atau (Proklim) merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas. Tidak dipungkiri, keberadaan kampung iklim sangat bagus untuk destinasi wisata alam dan edukasi. Bukan tanpa alasan, kampung iklim memuat daerah persawahan dan perkebunan yang sangat asri. Selain itu, di kampung iklim kita bisa melihat secara langsung banyak pembudidayaan tanaman perkebunan.    "Kampung iklim ini sangat sejuk dan juga memanjakan mata karena banyak sekali tanaman di persawahan dan perkebunan dengan warna hijau yang menyegarkan mata. Cocok sekali untuk wisata alam dan edukasi untuk pihak-pihak yang dekat dengan sektor pertanian, " ungkap Tahmid selaku Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja di wilayah Desa Cikeris pada Jum'at, 9 September 2023.   Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja juga turut memberikan saran dalam pengembangan Kampung Iklim kedepan. Mereka menyarankan perlu didirikannya "lopo" atau "bale-bale" sebagai tempat untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan dan suasana yang menenangkan di Kampung Iklim tersebut.    (thmd.syzm/ipdn) 

Kebetulan Lewat, Praja IPDN Disambut Liwetan Dadakan Masyarakat RT 015 RW 004 Desa Cikeris

Dea Cikeris - Pada Jum'at, 8 September 2023, Masyarakat Desa Cikeris RT 015 RW 004 dibuat kaget setelah melihat Praja IPDN 'kebetulan lewat' di daerah tersebut. Praja IPDN yang baru selesai melakukan observasi di Kampung Iklim Desa Cikeris yang sedang dalam perjalanan kembali ke Bale Desa Cikeris kemudian disambut masyarakat setempat dengan sambutan yang sangat hangat. Dengan sigap, masyarakat desa setempat langsung melakukan 'liwetan' atau makan bersama dengan para Praja IPDN tersebut.    Kegiatan 'liwetan' merupakan budaya atau tradisi turun temurun yang sangat kental di Tanah Pasundan. Kegiatan ini menjadi sarana bagi warga untuk makan bersama sembari menjalin silaturahmi, bertukar informasi, serta menyambut tamu yang datang. Tradisi 'liwetan' ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan suatu daerah terhadap tamu yang sedang datang, sehingga tamu dapat merasakan kehangatan dan hubungan kekeluargaan yang kuat walaupun hanya sebentar mendiami daerah tersebut.  (thmd.syzm/ipdn) 

Cekatan dan Pemberani, Mang Oduy Pimpin Praja IPDN 'Berduel' Dengan Masyarakat Desa Cikeris

Desa Cikeris - Kegiatan olahraga bersama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh masyarakat Desa Cikeris pada setiap hari Jum'at di pagi hari. Biasanya, kegiatan olahraga bersama dipusatkan di Bale Desa Cikeris sembari menjalin silaturahmi antara satu warga dengan yang lainnya. Hal yang sama terjadi pada Jum'at, 8  September 2023 dimana pada hari tersebut dilaksanakan kegiatan olahraga yakni badminton bersama antara perangkat desa, masyarakat, dan Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja.    Praja IPDN yang dipimpin 'Mang Oduy' selaku Komandan Regu Linmas setempat siap menantang seluruh lapisan masyarakat Desa Cikeris untuk 'berduel' di lapangan badminton Bale Desa Cikeris. Perlu diketahui bersama, kegiatan ini pada dasarnya dilakukan bukan untuk saling menjatuhkan antara satu pihak dengan yang lainnya, tapi kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebugaran serta menjalin silaturahmi antara semua pihak di Desa Cikeris. (thmd.syzm/ipdn)   

Mempertahankan Budaya Religius, Berikut Kegiatan Rutin Masyarakat Desa Cikeris!

Desa Cikeris - Purwakarta dikenal sebagai daerah yang kental akan budaya religinya. Desa Cikeris juga merupakan daerah yang tidak lepas dari budaya tersebut.  'Pengajian' merupakan sebutan kegiatan tersebut dimana pada kegiatan yang dilaksanakan setiap malam jum'at ini dilaksanakan guna menjalin hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa.  Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana masyarakat untuk saling bertukar informasi aktual guna mengoptimalkan kegiatan masyarakat desa kedepan. (thmd.syzm/ipdn)     

Usia Boleh Menua, Semangat Membangun Desa Tetap Membara

Desa Cikeris - Rabu, 6 September 2023 merupakan hari berbahagia Kepala Desa Cikeris. Bukan tanpa alasan, pada hari tersebut sosok yang dibanggakan masyarakat Desa Cikeris sedang berulang tahun. Bertambahnya usia Kepala Desa Cikeris kemudian dirayakan bersamaan dengan kegiatan rapat terbuka antara seluruh perangkat desa dengan Praja IPDN pada Kamis,7 September 2023.   Bapak Dasep Sopandi selaku Kepala Desa Cikeris yang sedang berulang tahun dibuat kaget dengan kejutan yang diprakarsai oleh Praja IPDN. Bersamaan dengan kejutan tersebut, teriring banyak doa yang dilancarkan masyarakat kepada Kepala Desa Cikeris.    Usia yang bertambah tidak menurunkan semangat Kepala Desa Cikeris untuk membangun desa. Momen ini dijadikan pengingat bagi beliau untuk kembali menyegarkan diri dan membangun kembali semangat yang lebih membara demi membangun desa yang sangat ia cintai.    (thmd.syzm/ipdn)