Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Tidak Semanis Rasanya, Begini Sulitnya Mengolah Gula Manis Cikeris!

Tidak Semanis Rasanya, Begini Sulitnya Mengolah Gula Manis Cikeris!

Desa Cikeris - Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja di Desa Cikeris tertarik melihat dan langsung terjun dalam proses pengolahan Gula Manis Cikeris pada Senin,11 September 2023. Perlu diketahui bersama, Gula Manis Cikeris merupakan produk lokal unggulan yang berasal dari Desa Cikeris. 

 

Gula Manis Cikeris memiki rasa yang manis dengan tekstur lembut. Namun, yang perlu diketahui adalah untuk menghasilkan gula yang berkualitas diperlukan kesabaran dalam pengolahannya yang sulit. 

 

Pada dasarnya, pengolahan gula aren ini bisa mencapai waktu enam sampai tujuh jam. Tahapan pengolahannya melalui empat tahap. 

 

Tahap pertama, yaitu pengambilan nira dari pohon aren sebagai bahan daripada Gula Manis Cikeris. Air nira yang belum diproses ini disebut dengan Lahang.

 

Tahapan kedua, yaitu merebus Lahang tadi selama kurang lebih empat sampau lima jam. Tahapan ini membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang ekstra dalam pengolahannya. Dalam tahap ini, Lahang tadi berubah menjadi Wedang. 

 

Tahapan ketiga, yaitu tahap dimana Wedang yang tadi direbus sudah hampir terolah sempurna. Wedang yang awalnya berwarna putih berubah menjadi cokelat. Di tahap ini, nira yang tadinya disebut Wedang berubah menjadi Peet. 

 

Tahapan keempat, yakni Peet yang sudah benar-benar terolah sempurna dicetak dalam sebuah wadah berbentuk bulat dengan diamater kurang lebih 5-7 cm dan ketebalan dengan ketebalan 2,5 cm. Peet yang tadinya masih kental pun dibiarkan mengering dan mengeras. Peet yang sudah mengeras ini lah yang menjadi Gula Manis Cikeris. 

 

Seperti yang telah dijelaskan tadi, dapat disimpulkan bahwa pengolahan Gula Manis Cikeris terbilang cukup sulit dan memakan waktu. Namun, dengan melewati tahapan tersebut dengan baik maka kualitas Gula Manis Cikeris pun dapat dijaga.

 

(thmd.syzm/ipdn) 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler