Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Gula Manis Cikeris, Sumber Mata Pencaharian Yang Menjanjikan!

Gula Manis Cikeris, Sumber Mata Pencaharian Yang Menjanjikan!

Desa Cikeris - Pada Senin, 11 September 2023 Praja IPDN menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu UMKM dan industri rumahan yang ada di Desa Cikeris, yaitu tempat pengolahan Gula Manis Cikeris. Pengolahan

Gula Manis Cikeris yang udah menjadi produk lokal asli yang ikonik di Desa Cikeris pun menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Desa Cikeris. 

 

"Untuk membuat gula ini, bahan yang diperlukan sudah disediakan dari alam. Alat pengolahannya juga tidak ribet dan mahal, " ujar Ibu Itah selaku pemilik dan pengelola UMKM tersebut. Hal tersebut menjadi faktor terbesar mengapa pengolahan Gula Manis Cikeris dijadikan salah satu mata pencaharian masyarakat desa. Selain itu, pendapatan bersih yang diterima dari penjualan Gula Manis Cikeris juga sudah dapat dikategorikan cukup besar. 

 

"Dalam sehari, biasanya pendapatan bersihnya Rp500. 000,00 karena banyak juga yang pesan dari luar. Ada orang yang jauh-jauh ke sini buat lihat langsung pembuatannya. Bahkan sampai dari jakarta juga ada, " ujar Ibu Itah. Hal ini menunjukkan betapa menjanjikannya pengolahan Gula Manis Cikeris ini terhadap perekonomian warga. Apalagi bahan yang dibutuhkan sumbernya langsung dari alam, dengan artian tidak membutuhkan banyak modal untuk mengumpulkan bahan yang akan dikelola. 

 

"Untuk pendapatan segitu sih udah menjanjikan banget ya. Bahkan kalau pendapatannya turun setengah pun Insya Allah masih lebih dari cukup untuk makan tiga kali sehari, " ujar Arif salah satu Praja IPDN. Praja IPDN berharap industri rumahan ini dapat dikembangkan dan dipertahankan, bukan hanya untuk perekonomian warga desa tetapi juga menjaga produk asli desa yang sudah terkenal kualitasnya.

 

(thmd.syzm/ipdn) 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler