Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Beginilah Sosok Perempuan Tangguh Desa Cikeris, Siap Menopang Produksi Padi Kabupaten Purwakarta!

Beginilah Sosok Perempuan Tangguh Desa Cikeris, Siap Menopang Produksi Padi Kabupaten Purwakarta!

Desa Cikeris - Sektor pertanian merupakan salah satu sektor keunggulan milik Kabupaten Purwakarta yang dalam lima tahun terakhir semakin memperkuat ketahanan pangan nasional. Hal ini sesuai data yang didapat dari Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta. Desa Cikeris sebagai bagian dari Kabupaten Purwakarta juga turut menyumbang angka dalam peningkatan produksi padi. 

 

Tidak luput dari perhatian Praja IPDN yang sedang melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja di desa tersebut, Praja IPDN langsung bertolak ke salah satu tempat penghasil padi di Desa Cikeris, yakni di Kampung Iklim. 

 

"Kami kaget ternyata disini petaninya bukan cuman bapak-bapak saja, tetapi ibu-ibu juga banyak sekali, " ujar Aji selaku Praja IPDN yang berkunjung langsung ke daerah persawahan Desa Cikeris pada Jum'at, 8 September 2023. Praja IPDN terkejut bertemu dengan empat orang ibu-ibu yang di bawah terik matahari mengolah padi dengan sangat semangat. Menurut pengakuan salah satu ibu-ibu tersebut, mereka sudah terbiasa melakukan rutinitas sebagai petani. Hal ini dilakukan demi perekonomian keluarga untuk sesuap nasi. Pengolahan padi yang masih tradisional menyebabkan waktu yang dibutuhkan dalam pengolahan menjadi cukup panjang dan menguras tenaga ibu-ibu tersebut. Praja IPDN berharap hambatan dan tantangan seperti ini harus segera disampaikan ke pemerintah setempat untuk menjadi perhatian kedepan. 

 

(thmd.syzm/ipdn) 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler